Laboratorium Fakultas Teknik Universitas Batanghari... | Portal Akademik - Universitas Batanghari
  • Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

07 Agustus 2024, oleh admin Print
Laboratorium Fakultas Teknik Universitas Batanghari menerima kunjungan dari tim Komite Akreditasi Nasional (KAN) dalam melakukan Assesment awal

Dalam rangka pelaksanaan Pengujian Laboratorium, Fakultas Teknik (FT) Universitas Batanghari (Unbari) Jambi menerima kunjungan dari tim Komite Akreditasi Nasional (KAN) dalam melakukan Assesment awal, pada Kamis (1/8).

Dimana hal tersebut berdasarkan SNI ISO/IEC 17025:2017 oleh tim asesor dari KAN. Asesmen itu sendiri langkah penting untuk memastikan laboratorium memenuhi standar internasional dalam kompetensi dan kualitas layanan pengujian dan kalibrasi.

Dimana tim Asesor terdiri dari 3 orang dan memproses audit dilakukan secara onsite selama dua hari yaitu pada 1-2 Agustus 2024, guna melihat kesesuaian implementasi sistem manajemen mutu laboratorium dan juga penyaksian langsung terhadap ruang lingkup pengujian yang diakreditasi.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Osrita Hapsara mengatakan bahwa dalam pengujian tersebut untuk meningkatkan mutu dan pelayanan kepada masyarakat, dengan konstruksi yang semakin luas, khusunya di provinsi Jambi.

“Dalam asesment ini diharapkan memang ada audit serta juga bimbingan-bimbingan oleh para asesor untuk laboratorium Fakultas teknik,” tuturnya dalam sambutan.

Selanjutnya dengan digelarnya asesmen ini bisa mendapatkan akreditasi yang diharapkan, dan dapat menambah peningkatkan Unbari terutama Fakultas Teknik.

“Dengan harapan adanya asesmen awal ini, laboratorium kita bisa mendapatkan akreditasi yang kita inginkan, demi minigkatkan mutu dan pelayanan bagi masyarakat,” harapnya.

Kemudian Dekan Fakultas Teknik Fakhrul Rozi Yamali juga menyampaikan bahwa dengan adanya pengujian tersebut, dapat meningkatkan mutu dan pelayanan kepada masyarakat serta memperluas jangkauan layanan di kancah internasional.

“Kami sangat mendukung pengujian ini, karena ini sangat penting untuk meingkatkan akreditasi kita dalam mutu pelayanan terhadap masyarakat,” ujarnya.

Kemudian dia juga berharap dengan pengujian tersebut laboratorium FT bisa mendapatkan akreditas yang sangat baik, dan bisa digunakan oleh para mahasiswa dalam meningkatkan mutu perkuliahan.

“Mudah-mudahan Fakultas teknik dapat terus menambah semua analog dan memperdayakan semua unsur dengan baik,” tutupnya.

Kemudian dari tim Asesor menyampaikan dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas sambutan yang sangat baik di unbari untuk melakukan asesmen awal untuk laboratorium yang ada di Fakultas Teknik.

“Semoga kegiatan kita ini bisa dilaksanakan sampai selesai, dan pada saat proses asesmen ini bisa berjalan lancar,” sampainya.

Selanjutnya ia mengatakan berdasar surat tugas yang diberikan bahwa asesmen tersebut akan dilaksanakan selama dua hari.

“Kita berharap bersama semoga pada proses asesmen ini kita bisa mendapatkan pengujian yang baik,” harapnya.